Selasa, 02 November 2021

Yuk, Simak Keuntungan Anak Belajar Bilingual Sejak Dini!

Dahulu, terdapat anggapan bahwa anak yang belajar dua bahasa sekaligus atau bilingual akan terhambat kemampuannya. Namun, itu hanyalah mitos belaka. Nyatanya, banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh jika anak dibiasakan bilingual sejak dini. Apalagi, didukung oleh lingkungan sekolah yang memadai, seperti sekolah International high school in jakarta yang mengharuskan pemakaian bahasa asing selama pembelajaran. Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak dalam menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai keuntungan belajar bilingual sejak dini.

Yuk, Simak Keuntungan Anak Belajar Bilingual Sejak Dini!

1.      Meningkatkan kemampuan sosial. Anak yang bilingual akan terlihat lebih percaya diri dalam berinteraksi sosial. Anak akan lebih menonjol dan berani mengutarakan pendapat serta mempunyai gambaran diri yang positif. Selain itu, anak dapat mempelajari dan memahami budaya negara lain sehingga pengetahuannya akan bertambah.

2.      Perkembangan kognitif. Perkembangan motorik ini berpengaruh pada daya ingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan pada anak. Anak yang bilingual memiliki otak yang aktif dan fleksibel. Kemampuan membaca dan berbahasa mereka lebih tinggi dibandingkan anak yang monolingual. Sehingga, cenderung lebih pandai. Mereka juga lebih dapat menyaring informasi yang tidak penting. Hal ini akan berpengaruh pada kehidupan anak.

3.      Menambah kreativitas anak. Kemampuan anak yang dapat memahami informasi dalam bahasa asing, akan membuat anak berpikir out of the box. Terlebih jika anak menguasai bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa paling umum di seluruh dunia. Mereka dapat bertukar pikiran dengan orang asing yang berbeda budaya sehingga acuan dalam berpikir mereka menjadi luas.

4.      Baik bagi kesehatan otak. Mempelajari bahasa asing dapat menjadi salah satu cara melindungi kemampuan ingatan otak sehingga terhindar dari Alzheimer dan dementia. Sebab, otak mereka bekerja lebih cepat dan mental mereka terlatih. Otak akan lebih aktif dan cepat dalam menangkap informasi. Hal ini bagus untuk jangka panjang, terlebih ketika sudah tua nanti.

5.      Membuka peluang baru. Dengan mempelajari bahasa asing, anak dapat mengetahui informasi terkini di negara luar. Selain itu, anak akan mendapatkan teman baru dari berbagai budaya asing sehingga kelak dapat bertukar pikiran. Koneksi anak pun akan bertambah. Ini akan sangat berguna nanti saat anak mulai merintis karir atau menjadi wirausaha dengan berbagai ide kreatif.


Memantau tumbuh kembang anak sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap orangtua, seperti memberikan pendidikan yang layak dan baik untuk tumbuh kembang anak. Belajar bilingual adalah salah satu caranya. Tidak hanya di sekolah saja, namun Anda dapat mengaplikasikannya di lingkungan rumah sambil mengajak anak bermain. Semoga artikel ini dapat membantu para orangtua di luar sana, ya!

Sumber:

https://id.theasianparent.com/apakah-kelebihan-mendidik-anak-secara-bilingual

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-anak-bilingual-alias-bisa-berbicara-dua-bahasa

https://www.alomedika.com/pengaruh-bilingualisme-pada-perkembangan-anak

https://www.haibunda.com/parenting/20181126134134-61-28739/manfaat-anak-belajar-bahasa-asing-sejak-dini

banner
Previous Post
Next Post