Kamis, 02 Desember 2021

Tips Bikin Odading yang Enak

Di jagat maya pernah heboh banget pembahasan soal Odading. Semua bermula ketika video viral memperlihatkan seorang pria tengah mempromosikan odading dengan cara yang sangat berbeda. Pedagang Odading Mang Soleh terlihat mempromosikan odading dengan nada marah-marah.

Sejak slogan Ade Londok tersebut viral, camilan Mang Oleh pun kian ramai pengunjung dan banyak yang mencarinya. Kini tampak antrian pengunjung yang mengular di tenda Mang Oleh. Tak heran, banyak yang menjadikan camilan ini sebagai oleh-oleh dari Bandung.

Tapi, gara-gara video tersebut Odading Mang Soleh pun langsung viral lantaran banyak membuat orang penasaran. Odading Mang Soleh sendiri adanya di Bandung. Jadi, buat kamu yang penasaran atau kangen dengan rasa odading bikin aja sendiri dan simak beberapa tips membuat odading yang enak.

Tips Bikin Odading yang Enak

Ragi yang Digunakan dalam Keadaan Baik

Penggunaan ragi sangat penting, sehingga kamu harus memastikan ragi yang dipakai masih aktif bekerja. Untuk memastikan ragi aktif atau tidak kamu bisa menggunakan air hangat. Aduk ragi hingga larut dan diamkan beberapa saat. Jik ada gelembung-gelembung yang muncul maka itu artinya ragi masih baik.


Gunakan Air Hangat untuk Menguleni Adonan

Saat menambahkan air hangat ke dalam adonan, maka sebaiknya kamu menuangkannya sedikit demi sedikit. Kalau kamu ingin odading lebih padat, maka tinggal mengurangi jumlah airnya, begitupan sebaliknya, masukkan air lebih banyak jika ingin adonan lunak.


Diamkan Adonan Selama 30 Menit

Ingin mendapatkan odading dengan rasa yang sempurna? Lakukan proofing atau pendiaman adonan selama 30 menit. Hal tersebut dilakukan supaya adonan lebih cepat mengembang.

Tips membuat Odading yang enak lainnya adalah perhatikan api ketika measak, kamu harus menggunakan api sedang ketika menggoreng odading. Jadi, tunggu apa lagi, buat kamu yang ingin coba membuat Resep odading yang memang lagi pembahasan masyarakat dunia maya ini, yuk, langsung bikin resepnya.

Setelah satu jam, dan adonan mengembang dengan cukup, anda bisa memipihkan adonan hingga ketebalannya berukuran 1 cm. Selanjutnya, anda potong-potong persegi panjang. Jangan langsung digoreng, anda wajib proofing kembali selama 15 menit, agar adonan mengembang kembali.

Setelah satu jam, dan adonan mengembang dengan cukup, anda bisa memipihkan adonan hingga ketebalannya berukuran 1 cm. Selanjutnya, anda potong-potong persegi panjang. Jangan langsung digoreng, anda wajib proofing kembali selama 15 menit, agar adonan mengembang kembali.


Lapisi dengan tepung kering

Setelah mengembang dan dikempiskan seperlunya, potong-potong adonan menjadi kotak-kotak. Setelah menambahkan biji wijen, sebelum menggoreng adonan sebaiknya taburi dengan sedikit tepung bagian luarnya agar kripsi dan renyah setelah digoreng.


Goreng dengan minyak panas dan api kecil

Pastikan api tidak terlalu besar saat menggoreng odading. Jangan sering dibalik agar tidak terlalu banyak menyerap minyak. Cukup balik sekali keltika odading sudah tampak kecokelatan.

Ketika adonan telah mengembang dan 15 menit berlalu. anda bisa menyiapkan minyak panas dalam jumlah yang banyak. Menggoreng odading wajib menggunakan minyak banyak dan dengan tingkat panas paling tinggi. Metode penggorengan tersebut disebut sebagai deep frying. Tujuannya agar odading bisa mengembang dengan sempurna. Goreng hingga kering dan berwarna kecoklatan.


Odading Siap Dinikmati!

Setelah berwarna kecoklatan dan mengembang, anda bisa mengangkat odading dan meniriskannya. Odading pun siap dinikmati. Untuk rasa yang lebih nikmat, anda bisa menambahkan berbagai topping. Mulai dari yang paling sederhana menggunakan gula halus hingga menggunakan bubuk milo atau coklat. Topping apapun bisa digunakan tergantung selera anda.

Mudah ‘kan resep di atas? Nah, bagi anda yang memiliki anak, bisa mencoba aktivitas seru bersama anak-anak yakni membuat odading. Dijamin anak-anak akan senang menguleni serta membentuk adonan sesuai dengan kreativitas masing-masing.

banner
Previous Post
Next Post